Selama Natal THM Ditutup Selama Tiga Hari

21 Desember 2016 21:22
Salah satu THM di Makassar

MAKASSAR, INIKATA.com— Untuk menghormati perayaan Natal 25 Desember, Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar mengeluarkan surat edaran penutupan Tempat Hiburan Malam (THM) selama tiga hari.

Kabid Pengembangan Usaha Pariwisata Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Makassar, Andi Karunrung mengatakan, penutupan THM mulai dilakukan pada 24 Desember.

“THM baru bisa beroperasi seperti biasa pada 27 Desember,” ucap Karunrung, Rabu (21/12/2016).

Baca juga  :  Ini Isi Surat Edaran Yang Dikeluarkan Wali Kota Makassar Untuk Perayaan Natal

Menurutnya, penutupan THM diatur dalam Peraturan Daerah (Perda) No 5/2011 tentang tanda daftar usaha pariwisata, yang tertuang dalam pasal 34 ayat (1) poin b untuk menghormari pelaksanaan Hari Raya Natal tahun 2016.

THM yang diinstruksikan untuk ditutup berupa usaha adalah karaoke, refleksi kesehatan/tempat pijat dan club malam/diskotik. Penutupan dikuatkan dengan surat edaran bernomor 235/211/S.Edar/DPEK/2016 yang ditandatangani Walikota Makassar Moh Ramdhan Pomanto.

Lebih lanjut, tim penegakan perda Pemkot Makassar akan menggelar operasi pada Minggu (24/12/2016) malam. Operasi sebagai bentuk pengawasan THM dan tindak lanjut surat edaran.

Baca juga  :  Perusahaan yang Memaksa Karyawan Pakai Atribut Natal Akan Dicabut Izinnya

THM yang ditemukan melanggar diserahkan ke Satpol PP dan akan diancam sanksi Tindak Pidana Ringan (Tipiring).

“Tapi sekarang ini, pelaku usaha THM sudah memiliki kesadaran tinggi dan saling menghargai antar sesama,” jelas Karunrung.(**)