2 Ranperda di DPRD Sulsel Ditunda untuk Disahkan

27 Desember 2016 14:51
Ketua Fraksi Demokrat Sulsel Selle KS Dalle (Ardiansyah/inikata.com)

MAKASSAR,INIKATA.com – Dua dari tiga rancangan peraturan daerah (Ranperda) di DPRD Sulawesi Selatan ditunda untuk disahkan. Dua ranperda itu wajib belajar 12 tahun dan pengelolaan jasa lingkungan hidup.

Ketua Fraksi Partai Demokrat Sulawesi Selatan Selle KS Dalle mengatakan, hanya satu ranperda yang akan disahkan Rabu besok(28/12/2016). Yaitu Ranperda pengendalian lahan kritis. Sedangkan ranperda wajib belajar 12 tahun dan pengelolaan jasalingkungan hidup ditunda.

Dia menjelaskan, untuk ranperda12 tahun, pimpinan fraksi meminta pansus untuk melakukan pendalaman.Agar tidak terjadi tumpang tindih dengan perda sebelumnya yakni perda penyelenggara pendidikan.

” Kami minta dilakukan pendalaman sekaligus menawarkan untuk merubah judulnya menjadi perda pendidikan SMU/SMK,”ujar Selle di DPRD Sulawesi Selatan, Selasa(27/12/2016).

Sementara untuk ranperda jasa lingkungan hidup, pihaknya menunggu regulasi dari pemerintah pusat. Pasalnya, tidak ada payung hukumnya.

“Percuma juga kami sahkan, nanti Mendagri coret. Karena itu tadi tak ada payung hukumnya terkait sejumlah pungutan berbau non pajak,”jelasnya.

Pembahasan dua ranperda untuk ditunda disahkan digelar bersama pimpinan DPRD dan ketua fraksi di DPRD Sulsel.

” Mungkin Pembahasan di 2017 baru disahkan dua ranperda ini,”katanya.