Ini 7 Kriteria Menjadi Calon Komisioner KPID Sulsel

27 Desember 2016 17:26
Salah seorang calon komisioner KPID Sulsel paparkan visi dan misinya di lantai 2 Gedung DPRD Sulsel, Jalan Urip Sumoharjo, Selasa (27/12/2016). ( Ardiansyah/inikata.com)

MAKASSAR,INIKATA.com – Ketua Komisi A Bidang Pemerintahan DPRD Sulsel Yaqin Padjalangi mengatakan ada tujuh kriteria menjadi komisioner Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) yang hari ini, Selasa (27/12/2016) dilakukan tes pemaparan visi dan misi terhadap tujuh calon komisi pada gelombang pertama.

“Ada tujuh kriteria. Inilah yang menjadi penilaian kami. Mau jawab atau tidak,”ujar Yaqin di DPRD Sulsel.

Tujuh kriteria itu yakni visi dan misi, integritas, pengetahuan tugas KPID, pengetahuan sistem informasi penyiaran, kaitan antara penyiaran pembangunan Sulsel, dan manajemen pengelolaan penyiaran.

Selanjutnya, akan dilakukan uji publik. Maksudnya selama 10 hari pihaknya menunggu tanggapan masyarakat terhadap 14 calon yang ikut dalam proses tes ini.

“Ini menjadi nilai skoring kami untuk menetapkan tujuh nama,”ucapnya.

Yaqin berharap, KPID kedepan mengutamakan konten lokal bagi lembaga penyiaran di Sulsel.

“Penegakan hukumnya yang kurang maksimal. Sebab lembaga penyiaran kurang sekali mengedepankan konten lokal. Kalau bisa 10 persen,”jelasnya.

Untuk diketahui, DPRD Sulsel menggelar tes pemaparan visi dan misi 14 calon komisioner KPID Sulsel selama dua hari. Yakni pada tanggal 27 dan. 28.

Mereka adalah Akbar Abu Thalib, Andi Muhammad Irawan, Arie Andyka, Bastian Jabir Patarra, Fauziah Erwin, Herwanita, dan Ishadi Ishak.

Keesokan yaitu Matteewakkan, Muhammad Hasrul Hasan, Muhammad Idris, Riswansyah Muchsin, Rubianty Sudikio, Sahman Amman Tjambolong, dan Waspada Santing.