Danny Berbicara Solusi Transportasi Publik Saat Diskusi Akhir Tahun Fajar Group

27 Desember 2016 18:54
Diskusi Akhir Tahun Fajar Group

MAKASSAR, INIKATA.com— Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan “Danny” Pomanto berdiskusi bersama sejumlah pengamat, jurnalis, akademisi, legislator, dan warga Makassar pada Diskusi Akhir Tahun yang mengangkat tema “Infrastruktur Makassar Menuju Kota Dunia” di Graha Pena, Selasa, (27/12/2016).

Menurut wali kota berlatar arsitek itu, Makassar tengah berbenah menuju kota dunia yang nyaman untuk semua. Standar kota dunia juga menyangkut penataan infrastruktur, selain dimensi lainnya yang juga membutuhkan pembenahan.

Selama dua tahun tujuh bulan memimpin Makassar bersama wakilnya Dr Syamsu Rizal, Wali Kota Danny meluncurkan sejumlah program termasuk di bidang infrastruktur.

Teranyar, wali kota yang juga pernah mengabdi sebagai dosen perencanaan kota pada Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin, meluncurkan Pete – Pete Smart sebagai terobosan untuk meretas permasalahan transportasi publik di Makassar.

Diakuinya, musuh utama penataan sistem transportasi publik adalah kendaran bermotor roda dua (sepeda motor) yang jumlahnya mencapai hampir 2 juta unit yang bergandengan dengan masalah kemacetan.

“Pemerintah ditantang mampu melahirkan solusi untuk menjawab kebutuhan masyarakat di bidang infrastruktur utamanya transportasi,” sebut Danny.

Solusi yang ditawarkan wali kota pemegang sertifikasi bidang arsitektur kota itu dengan mendesain Smart Pete – Pete yang lebih aman, nyaman, dan murah ketimbang menggunakan sepeda motor.

Launchingnya telah dihelat pada medio Desember lalu di Anjungan Pantai Losari. Sebelum dapat dinikmati warga, Wali Kota Danny ingin memastikan kendaraan umum dengan ketebalan baja 1.2 mm yang dilengkapi wifi, stacker, dan ac (air conditioner) memenuhi standar kelayakan operasi.

“Smart Pete – Pete made in Rappocini. Didesain sendiri dan dikerjakan sendiri oleh teknisi kita,” lanjut Danny.

Selain menghadirkan solusi Pete – Pete Smart, Wali Kota Danny juga telah merampungkan desain Bundara na Pedistrian ta yang ramah pada anak, kaum disabilitas, dan lansia serta memuat quote dari tokoh – tokoh mahsyur dari empat etnis besar Sulawesi Selatan.

Pedistrian dengan desain bulat itu mulai dibangun di beberapa ruas jalan kota Makassar diantaranya di Jalan Penghibur, tepat di depan Rumah Jabatan Wali Kota Makassar.

Diskusi Akhir Tahun yang digagas Media Fajar Group menghadirkan nara sumber Wali Kota Danny Pomanto, Sosiolog Prof Dr Tahir Kasnawi, Legislator Makassar Rahman Pina, dan Ahli Tata Kota Prof Dr Ir Slamet Tri Sutomo.(**)