Pimpinan Dewan Imbau Legislator Sulsel Lebih Rajin

29 Desember 2016 14:15
Tiga pimpinan dewan menggelar rapat rencana kerja di Gedung DPRD Sulsel, Kamis (28/12/16) ( Ardiansyah/inikata.com)

MAKASSAR,INIKATA.com – Pimpinan DPRD Sulawesi Selatan meminta 85 anggota legislator Sulawesi Selatan untuk lebih aktif menghadiri berbagai kegiatan rapat. Hal itu terungkap dalam rapat rencana kerja (Renja) untuk tahun 2017.

” Hari ini kami rapat terakhir sebelum pergantian tahun. Berbagai hal yang kami bahas. Salah satunya tentang kehadiran anggota dewan,”ujar Ketua DPRD Sulawesi Selatan Mohammad Roem, Kamis(29/12/2016).

Roem tak menampik bahwa dari 85 anggota DPRD Sulsel diantaranya ada yang bersikap malas dalam menghadiri kegiatan rapat. Misalnya saja dalam membahas tentang persoalan ranperda. Meski demikian, Roem tidak menyebut angka pastinya.

“Bayangkan saja kalau rapat 3 sampai 4 kali.Anggota dewan yang masuk di pansus tak hadir. Terpaksa ditunda karena tidak kourum,”ucapnya.

Kalau begini, berdampak pada ranperda itu. Tadinya sisa finalisasi jadi molor pembahasannya. Untuk mengevaluasi kinerja anggota dewan, pihaknya melakukan absensi dalam setiap rapat paripurna.

“Soal sanksi kami serahkan kepada partai masing-masing. Dan tentu berdampak pada yang bersangkutan untuk dilakukan perolingan,”tutur Roem.

Hal lain yang dibahas dalam rapat ini adalah apa program DPRD kedepan termasuk mengenai anggarannya.