DP2 Makassar Sisir Wilayah Pulau di Kabupaten Pinrang

10 Januari 2017 14:21
Program CCDP IFAD melalui Dinas Perikanan dan Pertanian (DP2) Kota Makassar langsung menyisir wilayah pesisir dan pulau yang ada di Kabupaten Pinrang.

MAKASSAR, INIKATA.com – Dua pekan masa hari kerja tahun 2017 berjalan. Bagi Dinas Perikanan dan Pertanian (DP2) Makassar tidak perlu membutuhkan waktu lama untuk bergerak.

Selasa 10 Januari 2017, Program CCDP IFAD melalui Dinas Perikanan dan Pertanian (DP2) Kota Makassar langsung menyisir wilayah pesisir dan pulau yang ada di Kabupaten Pinrang dengan membawa tema “Market Awareness”.

img-20170110-wa0020

Program Pemberdayaan Masyarakat pesisir yang proyeksi kerjanya untuk mengentaskan kemiskinan ini khusunya yang bermukim di wilayah pesisir dan pulau latau lebih dikenal Coastal Community Development Project – International Fund For Agricultural Development (CCDP IFAD).

Sebanyak 70 orang peserta perwakilan masing2 kelompok dari 15 kelurahan diboyong untuk melakukan sharing pembelajaran di Kabupaten Pinrang.

img-20170110-wa0017

Perjalanan pun yang ditempuh cukup jauh, selama empat jam para kelompok diajak berkeliling menikmati pemandangan alam yang hijau.

Pengolahan ikan bandeng tanpa tulang “Marijo 88” Desa Mattiro Bulo, Kabupaten Pinrang menjadi tempat untuk para kelompok bertukar pengalaman dan pikiran tentang cara mengolah ikan bandeng untuk dijadikan bahan makanan yang lain.

Selain ikan bandeng tanpa tulang kelompok wanita tani 88 Marijo juga memproduksi kerupuk amplang dan tik tik ikan bandeng yang bahan utamanya dari ikan bandeng.

Pandin Ketua Kelompok Wanita Tani ’88Marijo’, Mariani menyambut baik kedatangan para kelompok IFAD.

img-20170110-wa0018

Mariani mengatakan, sangat senang bercampur kaget melihat tempat pengolahannya diserbu oleh kelompok CCDP IFAD dari makassar.

“Sangat puas dan gembira atas kunjungannya, tapi mohon maaf informasi yang diberikan sebelumnya tidak seperti ini saya kira cuma orang Dinas Perikanan dan Pertanian saja yang datang kesini”, ujar Mariani sontak kaget.

Kegiatan yang dihelat sekali setahun ini sangat dirasakan sekali manfaatnya oleh para yang dominan ibu-ibu.

Marfuah salah seorang kelompok Berkah kelurahan Balang Baru Kecamatan Tamalate mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan oleh Program CCDP IFAD ini sangat baik sekali dan bernilai positif. “Kegiatan seperti yang kami tunggu-tunggu karena dapat memberikan inspirasi lain dalam mengolah ikan bandeng lebih variatif lagi,” tutupnya. (**)