Bappeda Gelar FGD Untuk Sukseskan Program BULo

11 Januari 2017 18:06
Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Makassar menggelar FGD (Forum Group Discussion) Sinergitas Multi Pihak Badan Usaha Lorong (BULo) di Hotel Same, Rabu, (11/1/2017).

MAKASSAR, INIKATA.com— Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Makassar menggelar FGD (Forum Group Discussion) Sinergitas Multi Pihak Badan Usaha Lorong (BULo) di Hotel Same, Rabu, (11/1/2017).

FGD diikuti SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) terkait, kecamatan, dan Tim Program Kerja Kota Makassar.
“Kegiatan ini menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam pembangunan di Makassar,” tutur Kepala Bappeda Makassar, Hadijah Iriani.

Diharapkannya masyarakat di setiap lorong dapat meningkatkan taraf ekonominya dan mendukung Pemerintah kota mewujudkan Makassar dua kali tambah baik.

BULo merupakan terobosan yang dilakukan oleh Wali Kota makassar untuk mengembangkan lorong – lorong Makassar agar bisa menjadi lebih produktif.

Program BULo diperuntukkan bagi lorong yang telah menjalankan program Lorong Garden (Longgar). Cabai atau tanaman Lombok menjadi produk andalan BULo. Selain untuk kebutuhan rumah tangga, Cabai juga bernilai ekonomis yang bisa menopang ekonomi masyarakat.

“Tanaman cabe dipilih untuk menjadi produk andalan BULo karena jenis tanaman ini mudah tumbuh, dan tidak membutuhkan perawatan yang rumit”, lanjut Iriani.

Setelah mengikuti FGD, setiap SKPD pendamping dan kecamatan dapat memberikan pendampingan bagi lorong binaannya yang dimulai dari penyemaian bibit, penanaman hingga panen.

Dibutuhkan waktu selama tiga bulan dari proses penyemaian hingga panen. Hasil dari BULo akan dimanfaatkan untuk tabungan pendidikan anak lorong, dan pengembangan BULo.(**)