Wali Kota Makassar Akan Lakukan Debat Terbuka Perwali Nomor 72 Tentang RT dan RW

12 Januari 2017 17:28
Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan "Danny" Pomanto

MAKASSAR,INIKATA.com–Wali Kota Makassar,Moh Ramdhan “Danny” Pomanto menegaskan akan menguji secara terbuka Perwali Nomor 72 Tahun 2016 tentang petunjuk pelaksanaan pemilihan ketua rukun tetatangga (RT) dan rukun warga (RW) dengan mengundang anggota DPRD,LSM, dan kalangan Media.

“Kita akan debat terbuka menguji Perwali yang katanya untuk kepentingan politik,”kata,Danny seusai menghadiri pelantikan pengurus PBB Makassar, Kamis (12/1/2017).

Langkah itu dilakukan, menghilangkan kesan bahwa pemilihan ketua RT dan RW dibuat untuk kepentingan politik tertentu.

Danny menjelaskan,Perwali nomor 72 tahun 2016 yang mengharuskan setiap calon ketua RT dan RW harus mendapat rekomendasi dari Lurah bertujuan untuk memastikan bahwa calon tersebut tidak pernah terlibat ataupun tersangkut kasus kejahatan seperti narkoba dan lainnya.

“Ini kita lakukan agar para ketua RT ataupun RW mampu menjadi panutan di warganya.Jadi tidak ada unsur poilitik didalamnya,”jelasnya.
Sebelumnya,anggota DPRD Makassar, A Nurman mengatakan,pembatasan hak politik warga menjadi calon ketua RT dan RW merupakan tindakan yang mengebiri hak politik semua warga dan bertentangan dengan undang undang 1945 dan undang undang partai Politik.

“Perwali ini sangat jelas bertolak belakang dengan undang undang dan itu harus direvisi oleh Pak Wali sebelum diberlakukan,”jelasnya. (**)