Bapenda Makassar Akan Mempercepat Cetak SPPT

17 Januari 2017 19:35
Kepala Kepala Sub Bagian Tata Usaha UPTD PBB Bapenda Kota Makassar Indirwan Dermayasair

MAKASSAR, INIKATA.com-– Kepala Kepala Sub Bagian Tata Usaha UPTD Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Makassar, Indirwan Dermayasair berjanji akan mempercepat untuk mencetak surat pemberitahuan pajak terutang (SPPT).

” Pertengahan bulan Januari ini kita upayakan akan dicetak, agar bisa cepat dibagikan kepada masyarakat dan perusahaan yang hendak membayar PBB,” ujarnya. Selasa (17/1/2017).

Lebih jauh, anak dari Sekda Kota Makassar ini menjelaskan, saat ini Bapenda Makassar memakai aplikasi sistem online sehingga tidak ada kecurigaan masyarakat kaitan dengan pungutan pajak. Sehingga diharapkan menimbulkan pemikiran positif masyarakat agar memiliki kesadaran yang tinggi dalam membayar PBB sebelum jatuh tempo.

Baca juga: 2017, Bapenda Makassar Optimis Capai Target PBB

“Pajak PBB ada dua, nilai tanah dan nilai bangunan. Inilah kita pungut pajak. Makin luas bangunan makin mahal pajak,”jelasnya.

Dia menambahkan, jumlah wajib pajak PBB setiap tahunnya meningkat apabila dibandingkan tahun-tahun sebelumnya karena jumlah rumah juga terus bertumbuh.

PBB juga melakukan penilaian terhadap individu untuk tuk bangunan atau peremajaa data.

Baca juga: Dinas Perdagangan Dukung Penuh Program Bulo Makassar

“Harapan kita masyarakat sadar akan membayar pajak. Agar mewujudkan, Makassar Dua kali tambah baik,” katanya.(**)