Jadi Narasumber di Kegiatan Perluni UNM, Ini Kata Wali Kota Makassar

7 Februari 2017 17:32
Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan "Danny" Pomanto menjadi narasumber pada acara yang diadakan perhimpunan alumni (Perluni) UNM, di Grand Clarion, Selasa (7/2/2017).

MAKASSAR, INIKATA.com— Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan “Danny” Pomanto menjadi narasumber pada acara yang diadakan perhimpunan alumni (Perluni) UNM, di Grand Clarion, Selasa (7/2/2017).

Wali Kota berlatar arsitektur ini memaparkan tiga model pendidikan, yang menurutnya paling berpengaruh dalam kehidupan.

“Pertama pendidikan dalam rumah tangga, pendidikan formal di sekolah, dan pendidikan dilingkungan masyarakat,” ucaonya

Pada acara yang turut menghadirkan Rektor UNM Husain Syam, dan Mantan Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Abraham Samad ini, Danny menjelaskan pendidikan keluarga merupakan dasar dari semua pendidikan yang ada.

“Keluarga merupakan kunci utama dalam membentuk karakter anak, yakni bagaimana orang tua menerapkan pola didik dalam memberikan pengarahan kepada anak-anaknya,” tuturnya.

Baca juga: Agus AN Minta Rektor UNM Bikin Pasar Seni di Benteng Somba Opu

Kemudian pendidikan formal, lanjutnya, pendidikan yang diperoleh dari bangku sekolah ini berfungsi untuk melatih kemampuan akademis anak, memperkenalkan nilai tanggung jawab, serta memperkuat mental dan melatih kedisiplinan anak.

“Dan yang terakhir adalah pendidikan di lingkungan masyarakat. Dua pendidikan sebelumnya (keluarga dan formal) dapat dikatakan sebagai pra kondisi sebelum memasuki dunia nyata di masyarakat,” ujarnya.

Baca juga: Wawali Membuka Kegiatan Sintalaras UNM

Bagaimana seorang anak mengaplikasikan ilmu yang diperolehnya, baik dari keluarga maupun pendidikan formal (sekolah) ke dalam lingkungan masyarakat.(**)