Kembangkan Potensi Wisata, Menhub Perluas Dua Bandara di Toraja

17 Februari 2017 23:22
Menteri Perhubungan Republik Indonesia, Budi Karya Sumardi yang menyambangi Rumah Jabatan (Rujab) Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Syahrul Yasin Limpo, Jumat (17/2/2017).

MAKASSAR, INIKATA.com – Menteri Perhubungan Republik Indonesia segera akan memperpanjang landasan pacu Bandar Udara (bandara) Pontiku dan Bonto Kunyi di Kabupaten Toraja, sebagai upaya untuk memaksimalkan potensi wisata, di Rujab Gubernur, Jumat (17/2/2017).

Keseriusan itu setelah ditemukannya persoalan wisatawan yang sangat mendesak, yakni soal aksebilitas, dari hasil peninjauan secara langsung yang dilakukan Tim Percepatan pengembangan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN).

Pengerjaan proyek pembangunan landasan pacu akan di mulai tahun ini dengan mengucurkan dana sebesar Rp 100 Miliar, di tambah tahun depan sebesar Rp 200 Miliar dengan target pencapaian landasan pacu sepanjang 1.900 hingga 2.000 meter.

Menteri Perhubungan (Menhub) RI, Budi Karya Sumardi mengatakan usai melakukan pertemuan dengan Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo, di Rujab Gubernur, landasan paci dengan panjang 1.500 meter saja sudah bisa menampung pesawat ATR.

Dengan demikian, lanjutnya, pesawat dari Bali dan Wakatobi sudah bisa melakukan penerbangan domestik ke Toraja.

“Ini akan menjadi paket yang menyenangkan bagi wisatawan, dan kita mulai kerjakan tahun ini,”jelasnya. (**)