Musrembang, Mendagri Cahyo Kumolo Minta Pemerintah Fokus Dalam Pembangunan

20 Maret 2017 16:23
Musyawarah Perencanaan Pembangunan Dalam Rangka Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Provinsi Sulawesi-Selatan Tahun 2018 dilaksanakan di Grand Calrion Hotel & Convention, Senin, (20/3/2017). (ardi/inikata)

MAKASSAR,INIKATA.com – Pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Dalam Rangka Penysunan Rencana Kerja Pemerintah Provinsi Sulawesi-Selatan Tahun 2018 dilaksanakan di Grand Calrion Hotel & Convention, Senin, (20/3/2017).

Musrembang tahun 2018 dengan tema Akselarasi Pembangunan Wilayah Dalam Meningkatkan Daya Saing, Serta Menjaga Stabilitas Politik dan Keamanan.

Selain Gubernur dan Wakil Gubernur Sulsel, hadir dalam Musrembang ini Menteri Dalam Negeri Cahyo Kumolo, Taufik Hanafi Staff Ahli Bappenas mewakili Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional, Anggota DPR RI, Bupati dan Walikota SeSulsel.

Musrembang ini mempertemukan para pemangku kebijakan untuk menyusun program, verifikasi, penyesuaian dan optimalisasi program Pemerintahan.

Jufri Rahman selaku Kepala Bappeda Sulsel, “Musrembang ini untuk mempertemukan para pemangku kepetingan, menajamkan dan menglarifikasi program yang ada. Sinergisitas antara kabupaten dan kota di Sulsel. Serta kesepakatan antar pemerintah,” ujar Jufri dalam laporannya.

Dalam Musrembang ini Taufik Hanafi dari Bappenas dan HM. Roem selaku Ketua DPRD Sulsel juga menyampaikan laporan terkait evaluasi dan apresiasi keberhasilan program pemerintah Provinsi Sulawesi-Selatan.

Semantara itu Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo mengatakan bahwa laporan dan pemaparan tersebut menjadi perhatian khusus pemerintah daerah Sulsel.

“Apa yang disampaikan menjadi catatan dan perhatian serius untuk lebih baik lagi . Banyak hal yang telah dicapai pemerintah kabupaten – kota. Hampir semua berprestasi hingga saat ini telah meraih 207 penghargaan,” sebut, Syahrul dalam sambutannya.

Beberapa pencapaian dan raihan yang telah ditorehkan Sulsel juga disampaikan SYL diantaranya pertumbuhan ekonomi 7,4 persen, pendapatan per kapita 44,06 juta atau 3.310 USD, peran Sulsel terhadap ekonomi pulau Sulawesi 49,6 persen dan pertumbuhan ekonomi ke 3 nasional setelah Sulteng dan Papua.

“Pemerintah harus fokus melakukan pembangunan, yang harus diselesaikan adalah ekonomi selain itu adalah persoalan ketimpangan sosial. Membangun daerah dan masyarakat di Sulsel jangan menghilangkan budaya dan jati dirinya sehingga mampu maju, mandiri dan mandiri. Keberhasilan harus dipublikasikan dan diketahui oleh masyarakat apalagi Sulsel merupakan barometer daerah lain di Indonesia.” Kata, Cahyo Kumolo, Menteri Dalam Negeri dalam Arahannya kepada 500 peserta Musrembang.

Menteri Dalam Negeri, Cahyo Kumolo.Cahyo pun menyarankan adanya pertemuan rutin tiap 2 bulan sebagai evaluasi terhadap pemerintah daerah.

Selain membahas RPJMD juga penghargaan ke daerah berprestasi di Sulsel. Keluarga sebagai daerah terbaik Pertama Kota Makassar, kedua kabupaten Gowa, ketiga Luwu Utara, Harapan 1 Tanah Toraja, Harapan 2 Kabupaten Soppeng dan Harapan 3 Kepulauan Selayar.(**)