Makassar Jadi Tuan Rumah Pesta Pendidikan Nasional

20 Maret 2017 20:34
Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan "Danny" Pomanto menerima kunjungan Komite Pemantau Legislatif Indonesia (KOPEL) di Rujab Wali Kota, Senin, (20/3/2017).

MAKASSAR, INIKATA.com – Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan “Danny” Pomanto menerima kunjungan Komite Pemantau Legislatif Indonesia (KOPEL) di Rujab Wali Kota, Senin, (20/3/2017).

Hadir bersama KOPEL, Najeela Shihab yang juga kakak kandung Najwa Shihab menemui wali kota membicarakan rencana penyelenggaraan pesta pendidikan nasional bulan Mei tahun ini di Makassar.

Makassar sebagai tempat penyelenggaraan kegiatan tersebut sebagai kota ke empat yang dipilih menjadi tuan rumah.

Baca Juga: Bahas Smart City, Wali Kota Makassar Terima Kunjungan Delegasi IE Singapore

Sebelumnya menurut Najeela bulan Februari sudah dilaksanakan di Bandung, Maret di Ambon, April di Yogyakarta, dan Mei di Makassar.

“Setelah itu kegiatan puncaknya kita laksanakan di Jakarta,” ucap Najeela.

Pesta pendidikan ini sendiri kata Najeela merupakan pesta publik yang terdiri dari tiga unsur. Pertama adalah pesta yang menanpilkan solusi dan inovasi yang selama ini telah banyak dilakukan organisasi dan komunitas serta pemerintah daerah yang telah dianggap memiliki kepedulian tinggi terhadap pendidikan.

Kedua adalah pendidikan dengan asumsi bahwa semua elemen mesti telibat dalam kemajuan pendidikan. Sementara yang ketiga adalah pesta pendidikan yang bergerak barengan seluruh elemen.

Sebanyak 250 komunitas dan organisasi pendidikan menjadi inisiator kegiatan.

Dalam kegiatan ini akan digelar ngobrol publik yang membincang inovasi dan trobosan pendidikan yang selama ini telah dilaksanakan. Selain itu, Najeela mengatakan juga akan menghadirkan Najwa Shihab bersama Quraish Shihab.

Selanjutnya ada pameran publik terkait dampak yang selama ini sudah dilakukan dalam hal pendidikan. Lalu kata Najeela juga ada pekan seni yang melibatkan seluruh seniman dari berbagai bidang ikut merayakan pesta pendidikan.

Baca Juga: DPKP Makassar Terima Kunjungan Balai Litbang

“Di Makassar rencananya kita selenggarakan 13- 15 Mei tahun ini,” pungkas ibu berdarah Arab – Sidrap ini.

Wali kota Makassar Danny Pomanto menyambut baik kegiatan ini. Ia mengatakan selama ini Makassar jauh sebelumnya memang telah memiliki konsep reformasi pendidikan.

“Kita sudah punya konsep memajukan pendidikan jauh sebelumnya. Kita ada 18 revolusi pendidikan. Salah satu etalase untuk menguji kecepatan bidang pendidikan di Makassar itu bisa kita buktikan nanti pada pesta pendidikan ini,” kunci Danny.(**)