Lima Direksi Perusda Ini Akan Dievaluasi Walikota Makassar

24 Januari 2017 11:54
Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Makassar Salah Satu Perusda Makassar. (foto:ist)

MAKASSAR,INIKATA.com – Wali Kota Makassar Mohm Ramdhan “Danny” Pomanto sebagai owner dari Perusahan Daerah (Perusda) berkeinginan untuk mengevaluasi kinerja direksi yang buruk, yang akan berlangsung Maret mendatang.

Sejauh ini, hasil sementara, Danny menilai baru satu perusda yang menunjukkan perubahan yang cukup signifikan, yakni Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Makassar. Katanya, pendapatannya dua kali tambah baik.

“Dua kali tambah baik, keuntungannya PDAM sudah mencapai Rp48 miliar,” tutur Danny, Selasa (24/1/2017).

Baca Juga: Ini Alasan PDAM Makassar Memutuskan Suplay Air

Yang berarti, lima perusda lainnya diwarning lantaran belum mampu menunjukkan kinerja yang maksimal atau belum bisa berinovasi. Diantaranya PD Parkir Makassar Raya, PD Terminal Makassar Metro, PD Pasar Makassar Raya, Rumah Potong Hewan (RPH) dan Bank Perkreditan Rakyat (BPR). Dengan demikian, Danny memberi sinyal hati-hati kepada seluruh direksi lima perusda tersebut.

” Mungkin ada pergantian atau kita geser-geserlah kalau kondisi masih seperti begini terus, saya meminta teman media untuk ikut mengawal kinerja perusda.” tuturnya.

Lebih jauh, Danny menjelaskan pola penilaian hasil kerja enam perusda setahun belakangan ini pasca pelantikan seluruh direksi, September 2015 lalu, itu sangatlah sederhana.

“ Kinerja dan performanya, digabungkan saja dengan rapor publik dan pemerintah,” jelasnya.

Menurutnya, rapor publik itu menyangkut dengan kepuasan masyarakat dan tentunya tidak terlepas dari kondisi lapangan yang sebenarnya. Sementara, penilaian rapor pemerintah terkait dengan pencapaian pendapatan dan deviden perusda di tahun 2016. (**)

Baca Juga: PDAM Makassar Akan Melakukan Pemutusan Suplai Air di Wilayah Ini