Tim EKPPD Kemendagri Apresiasi Inovasi Pelayanan di Kecamatan Rappocini

26 Januari 2017 20:24
Tim EKPPD Kemendagri Saat Mengunjungi Kecamatan Rappocini

MAKASSAR, INIKATA.com- Tim Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (EKPPD) terhadap Laporan Penyelenggaran Pemerintahan Daerah (LPPD) menyambangi Kantor Camat Rappocini di Jalan Teduh Bersinar, Kamis (26/1/2017) sore.

Rombongan yang berjumlah 7 orang ini dipimpin Direktur Evaluasi Kerja dan Peningkatan Kapasitas Daerah Otoda Kemendagri Ir Gunawan MA, dan di kawal oleh Biro Pemerintahan Sulsel.

Dari Pemkot Makassar yang mendampingi rombongan, Kepala Bapenda Irwan Adnan, Kepala Inspektorat Zainal Ibrahim, Kepala Bagian Pemerintahan Imran Mansyur dan Camat Rappocini Hamri Haiya sebagai tuan rumah.

Tim EKPPD Kemendagri Saat Mengunjungi Kecamatan Rappocini

Tim EKPPD Kemendagri Saat Mengunjungi Kecamatan Rappocini

Camat Rappocini Hamri Haiya yang menjemput rombongan itu, langsung mengantarnya menuju Mini War Room untuk melihat dan menjelaskan bagaimana pelayanan di Kantor Camat Rappocini .

“Ini mini war room tempat untuk saling berkomunikasi dengan semua lurah-lurah menggunakan aplikasi skipe dan juga ini ruang pelayanan bagi masyarakat yang memiliki keperluan,” jelas Hamri kepada rombongan.

Selepas memperlihatkan mini war room, Hamri Haiya mengundang para rombongan untum mencicipi kopi di kantin teduh bersinar yang berada di halaman belakang kantor.

“Ayo ke belakang pak. Tidak afdol kesini kalau belum cicipi kopinya Kecamatan Rappocini,” pinta Hamri. Dalam perjalanan ke kantin belakang, Gunawan sempat memberikan komentar pujian setelah melihat bagaimana pelayanan publik kecamatan Rappocini. “Kecamatan Rappocini Mantap,” letup Gunawan.

Sebelum kunjungan verifikasi pelayanan publik di Kantor Camat Rappocini, rombongan terlebih dahulu berkunjung ke Kantor Pemkot Makassar, SD Inpres Kunjung Mae, Puskesmas Kassi-Kassi.

“Sebelum berkunjung ke sini para rombongan sempat mengunjungi SD Inpres Kunjung Mae dan Puskesmas Kassi-Kassi dan pagi tadi di Mini War Room Pemkot Makassar,” ujar Syaifuddin saat di wawancarai di disela-sela acara kunjungan.

Sementara tujuannya berkunjung ke Kantor Camat Rappocini, untuk menverifikasi pelayanan publik. “Kunjungan kesini untuk melihat bagaimana pelayanan publik di Kecamatan Rappocini,” lanjut Biro pemerintahan Provinsi Sulawesi Selatan itu.

Rencananya selepas kunjungan ini, para rombongan akan ke lorong untuk melihat langsung bagaimana lorong Garden Makassar yang terkenal itu. “Sehabis ini kami akan antar lagi ke lorong untuk melihat langsung bagaimana lorong garden yang fenomenal itu bagi mereka,” tangkasnya.

Baca juga: Motor Lurah di Kecamatan Rappocini Dihibahkan Jadi Motor Pelayanan “Door To Door”

LPPD merupakan kewajiban Kepala Daerah (KDH) yang dilaporkan kepada Pemerintah setiap tahun berdasarkan PP No. 3 Tahun 2007 dan dilakukan evaluasi sejak tahun 2009 sesuai amanat PP No. 6 Tahun 2008.

Sementara itu Kepala Inspektorat Makassar Zainal Ibrahim mengatakan kedatangam tim EKPPD untuk memverifikasi laporan yang dikirim oleh Pemkot Makassar. Laporan pelayanan yang dikirim mencakup bidang ke PU an, kesehatan, pendidikan, lingkungan hidup, pelayanan publik terkait.

Baca juga: Wali Kota Makassar Launching BULo di Kecamatan Rappocini

“Inilah yang mereka datang memverifikasi laporan yang dimaksud. Mencocokkan laporan. Selanjutnya Insya Allah dua bulanan kedepan sudah ada hasilnya, dan kita terbaik,” kata Zainal.(**)