Rahman Bando Dampingi Walikota Makassar Terima Kunjungan Menteri India

30 Januari 2017 11:32
Walikota Danny Pomanto saat menerima Menteri dari India.

MAKASSAR, INIKATA.com – Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Anak Ms Arcahana Chitnis dari Madya Pradesh India melakukan kunjungan kehormatan di rumah jabatan Walikota Makassar, Senin (30/1/2017) pagi ini.

Walikota Makassar Moh Ramdhan Danny Pomanto didampingi Kepala Dinas Perikanan Dan Pertanian (DP2) Kota Makassar Abd Rahman Bando dan Kepala Bidang Kelembagaan DP2 menerima kunjungan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Anak Ms Archana Chitnis.

IMG-20170130-WA0006

Turut hadir pula Camat Sangkarrang, Camat Tamalate, Camat Biringkanayya, Lurah Untia, Lurah Lae Lae dan Lurah Tanjung menerima kunjungan ibu menteri.

Archana Chitnis akan berada di Makassar selama satu hari dalam rangka bertukar pengetahuan tentang pemberdayaan ekonomi perempuan melalui mata pencaharian alternatif dan cara mereplikasinya di Tejaswani District Madya Pradesh India.

IMG-20170130-WA0005

Archana Chitnis sangat tertarik bertukar ilmu dengan para pengelola dan kelompok yang dinilai sukses memberdayakan dan meningkatkan taraf hidup 1.999 Kepala Keluarga (KK) melalui program Pemberdayaan Masyarakat Pesisir atau lebih dikenal PMP dengan pendanaan Coastal Community Development Project- International Fund For Agricultural Develooment (CCDP – IFAD) yang menetap hidup di wilayah pesisir dan pulau Makassar.

Seperti diketahui CCDP IFAD merupakan unit PBB yang fokus dalam Pemberdayaan Masyarakat miskin yang bermukim di wilayah pesisir yang notabenenya masih banyak masyarakatnya yang termarjinalkan dan jauh dari kata sejahtera.

Archana Chitnis mengungkapkan, bahwa pihaknya jauh-jauh datang ke Makassar karena mendapat kabar bahwa Makassar merupakan yang terbaik.

Pasalnya, Makassar dalam kurun waktu dua tahun terakhir yakni tahun 2015-2016 berturut turut telah mendapat penghargaan sebagai pelaksana program terbaik (Best Five) yang diterima di Jakarta dan diserahkan langsung oleh Ditjen Pengelolaan Ruang Laut (PRL).

“Kami datang ke Makassar yang dijuluki kota anging mammiri ini yah untuk belajar dengan pencapaian pengelolaan dan pengembangan produk lokal, dan yang utama pengarusutamaan gender yang turut menberdayakan para wanita pesisir,”ungkap Archana Chitnis.

IMG-20170130-WA0007

Selain bertukar ilmu lanjut Arcahana, rombongan mereka datang untuk membahas peluang baru guna mempererat hubungan bilateral kami dengan Indonesia dan Mengkonsolidasikan kerjasama kami pada tantangan bersama regional dan gobal.

“Walikota Makassar punya gaya unik tersendiri selain dengan pemikiran beliau juga memimpin dengan hati yang membuat pak Walikota senyum sumringah mendengar itu,” tutup Archana.

Rencananya Ibu Menteri akan berkunjung ke 2 lokasi binaan CCDP IFAD Makassar, yakni di Kelurahan Lae Lae, Tanjung Merdeka dan Untia. (**)