HPSN, Wali Kota Makassar Bersihkan Laut dari Sampah

16 Februari 2017 18:54
Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan "Danny" Pomanto membersihkan laut dari sampah pada peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) di Center Poin of Indonesia, Kamis, (16/2/2017).

MAKASSAR, INIKATA.com— Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan “Danny” Pomanto membersihkan laut dari sampah pada peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) di Center Poin of Indonesia, Kamis, (16/2/2017).

Aksi bersih laut itu dilakukan Danny bersama lurah, camat, dan pimpinan Organisasi Perangkat Daerah lingkup pemerintah kota Makassar. Selain itu, TNI dan Polri juga terlibat ditambah komunitas peduli sampah, komunitas bank sampah, pelajar, Pramuka, Saka Kalpataru, tokoh agama dan masyarakat serta perusahaan swasta yang beroperasi di Makassar.

Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan "Danny" Pomanto membersihkan laut dari sampah pada peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) di Center Poin of Indonesia, Kamis,  (16/2/2017).

Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan “Danny” Pomanto membersihkan laut dari sampah pada peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) di Center Poin of Indonesia, Kamis, (16/2/2017).

“Sudah saatnya kita lebih peduli pada laut. Saatnya membersihkan laut dari sampah,” katanya.

Selama ini, lanjut Wali Kota Danny, pencemaran juga banyak terjadi di laut yang bersumber dari limbah buangan bangunan yang berdiri di sekitar areal pantai ataupun sampah yang terbawa arus saat pasang surut air laut.

Baca juga: Wali Kota Makassar Tanda Tangani Serah Terima Frontage Road Jalan Tol Seksi IV

Memusatkan peringatan HPSN di daerah pesisir mengingatkan pemerintah dan masyarakat jika laut juga membutuhkan perhatian dalam penanganan kebersihan.

Apalagi saat ini, Makassar baru saja dimekarkan menjadi 15 kecamatan. Bertambahnya kecamatan kepulauan Sangkarrang menegaskan posisi strategis daerah kepulauan dan pesisir bagi pemerintah kota Makassar.

Baca juga: Wali Kota Makassar Makan Malam bersama 39 Delegasi INSA

Danny mengharapkan kepedulian terhadap kelesterian lingkungan tidak berhenti pada peringatan HPSN semata. Upaya menjaga kebersihan dan kelestarian harus terus digalakkan.(**)